CALIFORNIA – Musim pemilihan umum (pemilu) merupakan ajang para calon pemimpin untuk
“menjual” dan mempromosikan dirinya. Nah, seringkali jejaring sosial
menjadi sasaran empuk mereka untuk berkampanye agar dapat menjerat
perhatian masyarakat.
Raksasa jejaring sosial, Facebook mengungkapkan selama kampanye pihaknya menerima isu seputar pemilihan anggota federal hingga 12 juta posting-an.
Perdana Menteri Australia terpilih, Tony Abbott dilaporkan paling
banyak dibicarakan selama masa pemilu Negeri Kanguru dengan total 1,4
juta kali.
Jumlah ini jauh lebih tinggi ketimbang calon dari Partai Buruh, Kevin Rudd yang hanya dibicarakan dalam 670 ribu posting-an.
Dilansir News Republic,
Senin (9/9/2013), ekonomi adalah isu yang paling hangat dibicarakan di
situs besutan Mark Zuckerberg itu. Kemudian disusul oleh pernikahan
sesama jenis, pencari suaka, NBN, dan perubahan iklim.
Terdapat lebih dari satu juta posting-an di Facebook pada hari pemilu yang berhubungan dengan pungutan suara.